BUKU SISWA PJOK - Bulutangkis Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Daftar Isi

BUKU SISWA PJOK - Bulutangkis Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru




Permainan bulu tangkis dalam permainan bola kecil merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dan merupakan upaya mempelajari manusia bergerak.

Keterampilan dalam permainan bulu tangkis dapat juga dikelompokkan menjadi :

1. Menciptakan skor;

2. Mencegah skor;

3. Memulai permainan.

Materi permainan bulu tangkis  ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan karakteristik individu dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, serta mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Amati dan cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan teknik permainan bulu tangkis dari berbagai sumber media cetak atau elektronik atau teman yang sedang melakukan kegiatan. Secara bergantian, saling bertanyalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan gerak  dasar bulu tangkis seperti manfaat permainan bulu tangkis terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan dipergunakan dalam permainan bulu tangkis serta sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran melalui permainan bulu tangkis terhadap pribadi peserta didik.

Lapangan Bulutangkis

Negara asal permainan bulu tangkis sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. Dokumen-dokumen sejarah membuktikan bahwa permainan tersebut dijumpai di negara Cina yang dimainkan dengan raket kayu dan sebuah bola yang berbulu. Ada dituliskan pula bahwa dalam abad ke–12 permainan bulu tangkis dimainkan di puri-puri bangsawan di Inggris. Di India, bulu tangkis dimainkan di Poona dan karena itu permainan itu dinamakan permainan “poona”, sekitar tahun 1870. Jadi, belum dapat ditentukan dengan pasti apakah perwira Inggris membawa permainan itu ke India atau sebaliknya. Nama “badminton” berasal dari nama kota Badminton di wilayah Glousectershire, yang tidak jauh letaknya dari Bristol. 

Dalam konteks kecabangan olahraga formal, peraturan permainan bulu tangkis pertama dibuat dalam tahun 1877, kemudian direvisi pada tahun 1887. Revisi berikutnya diadakan pada tahun 1890, selanjutnya revisi dilakukan hingga saat ini. Kejuaraan All England yang pertama diselenggarakan dalam tahun 1897 dan diselesaikan dalam satu hari. Pertandingan All England yang pertama ini merupakan sukses besar bagi perkembangan permainan bulu tangkis di Inggris. International Badminton Federation atau IBF didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1934 oleh negara-negara Inggris, Kanada, Denmark, Perancis, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia dan Wales. 

Semula IBF akan menyelenggarakan suatu kompetisi internasional pada tahun 1939, tetapi dengan pecahnya perang Dunia ke-II, kompetisi itu baru dapat dilaksanakan pada tahun 1948/1949. Untuk juara kompetisi antar negara itu telah disediakan sebuah piala bergilir, dihadiahkan oleh sir George Thomas. Piala tersebut kemudian dikenal dengan nama “Thomas Cup”, yang sebetulnya bernama “The International Badminton Championship Challenge Cup”.  

Untuk Lebih lengkapnya silahkan download Buku Siswa di bawah ini dengan materi permainan Bulutangkis.

Download Buku Siswa - Permainan Bulutangkis


Posting Komentar