Breaking News

Modul Ajar PJOK SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka - Permainan Bola Basket

Modul Ajar PJOK SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka - Permainan Bola Basket


PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) adalah mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan kebugaran fisik dan keterampilan olahraga serta meningkatkan kesadaran kesehatan siswa.

Dalam Kurikulum Merdeka, mata pelajaran PJOK di SMA Kelas X disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pendidikan jasmani yang sehat, seimbang, dan selaras dengan perkembangan siswa.

Modul Ajar PJOK SMA Kelas X  Kurikulum Merdeka 

PJOK berkaitan dengan hubungan antara gerak manusia (fisik) dengan pikiran dan jiwanya.

Modul ajar PJOK SMA Kelas X  Kurikulum merdeka dan sederajat ini sebagai panduan guru PJOK  untuk mengangkat paradigma dan model pembelajaran PJOK yang baru, yang holistik dan memerdekaan serta menanamkan sikap-sikap dan keterampilan tentang olahraga dan sportivitas, dalam membangun karakter Profil Pelajar Pancasila. 

Modul ajar adalah dokumen yang menjadi panduan bagi guru dalam menyusun dan menyajikan materi pembelajaran mata pelajaran PJOK. Modul ajar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan memberikan materi kepada siswa.

Berikut ini adalah beberapa contoh modul ajar SMA Kelas X Kurikulum Merdeka tentang permainan bola basket:

Pendahuluan:

Tujuan pembelajaran: Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat mengetahui prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, cara bermain bola basket yang aman dan teratur, serta memahami aturan-aturan dasar permainan bola basket.

Sasaran pembelajaran: Siswa dapat memahami prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, melakukan passing dan shooting dengan benar, serta memahami aturan-aturan dasar permainan bola basket.

Materi pembelajaran:

Prinsip-prinsip dasar permainan bola basket: prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, seperti menggunakan tangan untuk mengontrol bola, mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku, dan lain-lain.

Cara bermain bola basket yang aman dan teratur: cara memegang dan mengontrol bola dengan benar, cara melakukan passing dan shooting dengan benar, serta cara mencegah kecelakaan saat bermain bola basket.

Aturan-aturan dasar permainan bola basket: aturan-aturan dasar permainan bola basket, seperti cara mengeluarkan bola dari lapangan, cara mengambil bola yang telah melewati garis tengah, dan lain-lain.

Media pembelajaran:

Gambar-gambar yang menunjukkan prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, cara bermain yang aman dan teratur, serta aturan-aturan dasar permainan bola basket.

Video yang menunjukkan cara melakukan passing dan shooting dengan benar, serta cara mencegah kecelakaan saat bermain bola basket.

Metode pembelajaran:

Ceramah: guru memberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, cara bermain yang aman dan teratur, serta aturan-aturan dasar permainan bola basket.

Latihan: siswa diberikan latihan menggunakan bola basket, termasuk melakukan passing dan shooting dengan benar, serta mencegah kecelakaan saat bermain bola basket.

Evaluasi:

Tes lisan: guru mengajukan pertanyaan tentang prinsip-prinsip dasar permainan bola basket, cara bermain yang aman dan teratur, serta aturan-aturan dasar permainan bola basket kepada siswa

Modul ajar juga dapat mencakup beberapa referensi tambahan yang dapat digunakan guru atau siswa untuk memperdalam pengetahuan tentang materi yang diajarkan. Modul ajar merupakan salah satu sumber belajar yang penting bagi guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan memberikan materi kepada siswa, sehingga dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan efektif.


Download

Modul Ajar PJOK SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka - Permainan Bola Basket




0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close