Breaking News

BUKU SISWA PJOK - Bola Voli Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Pada tahun 1895, William C Morgan menciptakan sebuah permainan bernama minonette. Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit keterampilan dasar dan mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran jasmani.


Dalam konteks kecabangan olahraga formal sebuah tim terdiri dari 6 orang pemain di lapangan. Selama pertandingan, suatu regu tidak boleh beranggotakan lebih dari 12 orang pemain.

Permainan bola besar melalui permainan bola voli merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak.

Bab permainan bola voli ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan karakteristik individu dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Keterampilan dalam permainan bola voli dapat juga dikelompokkan menjadi:

1. Menciptakan skor : passing, smash, kontrol bola;

2. Mencegah skor : blocking, dan mengisi tempat kosong;

3. Memulai permainan: servis.

Lapangan Bola Voli


Peta Konsep Permainan Bola voli

• Passing atas

• Passing bawah

• Servis atas

• Smash

• Block/ Bendungan

Cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak dasar permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dari buku ini atau sumber media cetak lain atau elektronik, atau teman yang sedang melakukan kegiatan. Secara bergantian, saling bertanyalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan teknik dasar permainan bolavoli seperti manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan dipergunakan dalam permainan bola voli. Cari tahu juga sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran melalui permainan bola voli terhadap pribadi peserta didik.

“Bermain bola voli dengan semangat akan meningkatkan kebugaran jasmani kita”

Untuk Lebih lengkapnya silahkan download Buku Siswa di bawah ini dengan materi Bola Voli



0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close