Breaking News

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4 DISEMINASI BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

ARTIKEL AKSI NYATA MODUL 1.4
DISEMINASI BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH
SMP NEGERI 1 MALUNDA

 

Oleh : ANDI KASMIATI, SE
Calon Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Majene Sulawesi Barat

A. LATAR BELAKANG

Dengan perkembangan zaman dan teknologi, fenomena krisis karakter sangat memperhatikan. Disebabkan perkembangan teknologi memudahkan mengakses budaya dari luar yang mereka tidak kaji terlebih dahulu, apakah sudah sesuai dengan budaya kita atau tidak.




Budaya positif di sekolah adalah kinci menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung perkembangan siswa secara menyeluruh. Dalam budaya positif, siswa merasa aman, dihargai dan didorong untuk mencapai potensi terbaik mereka. Hal ini sejalan dengan Filosofis Ki Hajar Dewantara yaitu pembelajaran di sekolah harus dapat membawa murid memperoleh kebahagiaan setinggi-setingginya melalui merdeka belajar. Salah satu cara yang dapat dilakukan  dengan membangun budaya positif, Budaya positif doi sekolah dapat dibangun dengan membentuk kenyakinan kelas dan segitiga restitusi. Dengan adanya kenyakina kelas yang disusun bersama antara guru dan murid,maka akan mengupayakan untuk menjalankan sebagai langkah awal membangun budaya positif di sekolah. Dan penerapan segitiga restitusi dapat membimbing murid berdsiplin positif agar menjadi murid yang merdeka. 

B. TUJUAN

  1. Membuat Kenyakinan Kelas yang sudah di buat
  2. Menumbuhkan motivasi internal melalui penerapan disiplin positif
  3. Menumbuhkan nilai-nilai kebajikan
  4. Mengambil posisi kontrol sebagai  manajer dan melaksanakan segitiga restitusi  dalam Menyelesaikan masalah
  5. Memahami konsep kebutuhan dasar manusia 

C. TOLAK UKUR

  1. Terbentuknya Kenyakinan Kelas
  2. Tumbuhnya motivasi Internal pada diri murid
  3. Tumbuhnya nilai-nilai kebajikan pada diri murid
  4. Guru mampu menerapkan  posisi manajer dan menggunakan seitiga restitusi dalam memecahkan masalah
  5. Murid memiliki karakter yang kuat terutama karakter Profil Pelajar Pancasila 

D. LINIMASI TINDAKAN 

  1. Meminta izin kepada Kepala Sekolah untuk melakukan sosialisasi
  2. Melakukan sosialisasi kepada warga sekolah terkait budaya positif, kenyakinan kelas
  3. Menjelaskan pengertian dan manfaat kenyakinan kelas
  4. Guru berkolaborasi dengan murid dalam membuat kenyakinan kelas
  5. Menumbuhkan da menanamkan pembiasaan niali-nilai Profil Pelajar Pancasila 
  6. Menerapkan kenyakinan dan segitiga restitusi secara berkelanjutan dan konsisten 

E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN 

  1. Kerjasama orang tua di rumah sebagai lingkungan pertama untuk menerapkan budaya positif siswa
  2. Warga sekolah sebagai teladan dalam menerapkan budaya positif di lingkungan sekolah
  3. Sarana dan prasarana yang mendukung untuk menumbuhkan budaya positif di sekolah
  4. Kerjasama dengan Kepala Sekolah , Guru untuk dapat Bersama-sama berupaya konsisten dalam menerapkan budaya positif

 F. DESKRIPSI AKSI NYATA

Untuk dapat terlaksananya aksi nyata ini yang pertama kami melakukan penyampaian  rencana Diseminasi Budaya Positif yang ajukan oleh CGP SMPN 1 Malunda. Selanjutnya kami mempersiapkan kegiatan diseminasi yang meliputi materi power point, undangan, daftar hadir, dll. Kami juga melakukann koordinasi dengan tim terkait diantaranya tim sarana dan prasarana, tim multimedia, tim komsumsi dll. Sasaran Diseminas Budaya Positif adalh Bapak Ibu Guru, Staf SMPN 1 Malunda dan dihadiri oleh Bapak Kepala SMPN 1 Malunda.

Kegiatan Diseminasi Budaya Positif dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Juli 2023 dan dihadiri oleh Kepala Sekolah dan seluruh Pendidik dan tenaga pendidik. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa Diseminasi Budaya Positif merupakan kegiatan berbagi praktik yang dilakukan oleh CGP SMPN 1 Malunda. Yang harapannya nanti dapat mengimplementasikan Budaya Positif di SMPN 1 Malunda.  

G. HASIL DARI AKSI NYATA

Rangkaian kegiatan Aksi Nyata dalam Diseminasi Budaya Positif yang dilakukan oleh CGP  menghasilkan pemahaman dari pendidik dan tenaga pendidik di sekolah mengenai Budaya Positif di sekolah, khusunya dalam penyusunan kenyakinan kelas dan restitusi, Sehingga akan terciptanya pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta berpihak pada murid.

 

H. PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

Hal yang kami dapatkan dalam kegiatam Diseminasi Budaya positif adalah kolaborasi. Yang  harapan ke depannya kami juga dapat berkolaborasi dengan semua stakeholder sekolah untuk terus dapat mengimplementasikan Budaya positif di SMPN 1 Malunda.  Seluruh warga sekolah harus terus berkolaborasi dalam mewujudkan visi dan misi sebagai prakarsa perubahan dalam menguatkan karakter positif dalam mencetak generasi yang berjiwa Profil Pelajar Pancasila 

I. RENCANA PERBAIKAN 

Rencana saya ke depan akan terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada murid demi dapat “ Menuntun” murid agar dapat berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Besar harapan kami akan terus adanya perbaikan dalam menerapkan Budaya Positif di sekolah. Serta berupaya terus dapat menerapkan Budaya Positif di sekolah melalui Kenyakinan Kelas demi terwujudnya visi dan misi dalam mencetak generasi berjiwa profil pelajar pancasila 

J. DOKUMENTASI 

DISEMINASI BUDAYA POSITIF








0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close