Breaking News

Modul Ajar SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka tentang Permainan SoftBall



Modul Ajar SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka tentang Permainan SoftBall

Modul ajar adalah sebuah panduan atau petunjuk yang menjelaskan bagaimana cara mengajar suatu mata pelajaran atau topik tertentu. Modul ajar SMA Kelas X Kurikulum Merdeka tentunya akan membahas tentang mata pelajaran atau topik yang dipelajari oleh siswa-siswi kelas X SMA dalam kurikulum Merdeka.

Permainan softball adalah olahraga yang menggunakan bola lunak dan tongkat yang disebut bat. Permainan ini mirip dengan baseball, tetapi bola softball lebih kecil dan bat softball lebih pendek daripada bat baseball. Permainan softball terdiri dari dua tim, masing-masing tim terdiri dari 9 pemain. Tujuan dari permainan softball adalah untuk mencetak lebih banyak poin daripada tim lawan dengan memukul bola yang dilempar oleh pitcher ke arah tim lawan, kemudian berlari ke base yang tersedia sambil menghindari catch oleh tim lawan.


Modul ajar adalah dokumen yang menjadi panduan bagi guru dalam menyusun dan menyajikan materi pembelajaran mata pelajaran PJOK. Modul ajar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam menyusun rencana pembelajaran dan memberikan materi kepada siswa.

Panduan guru mengajar adalah sebuah panduan yang membantu guru dalam menyusun dan menyajikan materi pelajaran dengan cara yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Panduan guru mengajar SMA Kelas X Kurikulum Merdeka tentang permainan bola voli akan membahas tentang cara mengajar mata pelajaran bola voli kepada siswa-siswi kelas X SMA dalam kurikulum Merdeka.

Permainan softball terbagi menjadi beberapa fase, yaitu:

  • Warm-up: Fase ini merupakan fase pemanasan sebelum permainan dimulai. Pemain bisa melakukan latihan pemanasan seperti stretching, jogging, atau berlari di lapangan.
  • Inning: Setiap permainan softball terdiri dari beberapa inning. Pada setiap inning, masing-masing tim memiliki kesempatan untuk menjadi tim yang memukul (batting team) dan tim yang menangkap (fielding team). Tim yang memukul harus berusaha mencetak poin dengan berlari ke base yang tersedia setelah memukul bola yang dilempar oleh pitcher. Sedangkan tim yang menangkap harus berusaha menangkap bola yang dilempar oleh pitcher dan menangkap pemain yang berlari ke base dengan bola yang telah ditangkap. Setiap inning berakhir ketika 3 pemain dari tim yang memukul terout (out).
  • Out: Out adalah kondisi dimana seorang pemain dikeluarkan dari permainan sementara. Out terjadi ketika seorang pemain memukul bola yang ditangkap oleh tim lawan atau ketika seorang pemain terjebak di base oleh tim lawan dengan bola yang telah ditangkap. Setiap tim memiliki 3 out setiap inningnya.
  • Scoring: Scoring adalah cara mencetak poin dalam permainan softball. Pemain dapat mencetak poin dengan berlari ke base yang tersedia setelah memukul bola yang dilempar oleh pitcher dan kemudian berlari ke home plate (base terakhir) tanpa terout. Pemain juga dapat mencetak poin dengan memukul bola keluar lapangan dan membiarkan pemain lain berlari ke base dan kemudian ke home plate.

Permainan softball adalah olahraga yang menyenangkan dan seru untuk dimainkan.

Download Juga dibawah ini :

Modul Ajar PJOK SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka - Permainan Bola Basket 

Modul Ajar SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka tentang Permainan Bola Voli 

 

Tips yang dapat membantu Guru dalam Mengajar Permainan SoftBall

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu guru dalam mengajar permainan softball:

  1. Mulailah dengan dasar-dasar: Sebelum memulai pelajaran softball, pastikan bahwa siswa sudah mengerti dasar-dasar permainan, seperti cara memukul bola, cara berlari ke base, dan aturan-aturan dasar lainnya. Jika siswa belum mengerti dasar-dasar permainan, mereka mungkin akan kesulitan mengikuti pelajaran selanjutnya.
  2. Berikan latihan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa: Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan yang berbeda dalam permainan softball. Pastikan untuk memberikan latihan yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa agar mereka merasa nyaman dan tidak merasa terintimidasi atau tertekan.
  3. Berikan contoh yang baik: Sebagai guru, Anda harus memberikan contoh yang baik bagi siswa dengan memperlihatkan cara memukul bola dengan benar, cara berlari ke base dengan benar, dan lain-lain. Ini akan membantu siswa untuk memahami cara yang benar dalam bermain softball.
  4. Berikan umpan yang mudah diikuti: Jika siswa belum terbiasa dengan permainan softball, pastikan untuk memberikan umpan yang mudah diikuti. Ini akan membantu siswa untuk memahami cara memukul bola dengan lebih mudah.
  5. Berikan banyak latihan: Untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan dalam permainan softball, berikan latihan yang cukup banyak agar siswa dapat terus belajar dan meningkatkan kemampuannya.
  6. Jelaskan aturan-aturan dengan jelas: Pastikan untuk menjelaskan aturan-aturan dasar permainan softball dengan jelas agar siswa dapat memahami permainan dengan baik.
  7. Berikan umpan yang beragam: Untuk menjaga kegemaran siswa dalam permainan softball, pastikan untuk memberikan umpan yang beragam agar tidak terlalu monoton.
  8. Berikan banyak dukungan dan semangat: Sebagai guru, Anda harus memberikan banyak dukungan dan semangat kepada siswa agar mereka merasa nyaman dan percaya diri dalam bermain softball.

Download
Modul Ajar PJOK SMA Kelas X - Fase E Kurikulum Merdeka - Permainan SoftBall



0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close