Breaking News

Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva

Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Canva


Kemajuan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  (IPTEK)  menuntut  seseorang untuk  dapat  menguasai  informasi  dan  pengetahuan.  Dengan  demikian diperlukan suatu kemampuan memperoleh, memilih, dan mengolah informasi. Kemampuan  tersebut  membutuhkan  pemikiran  yang  kritis,  logis,  dan  kreatif.

Perkembangan teknologi pada abad kedua puluh satu kini berkembang dengan sangat pesat, tidak hanya berkembang sebagai media untuk berinteraksi sosial atau  sering  disebut  media  sosial,  juga  berkembang  dalam  bidang  pendidikan. Hampir  seluruh  komponen  dalam  pendidikan  melibatkan  teknologi.  Proses belajar mengajar pun tak bisa terlepas dari teknologi. 

Guru harus mampu menyampaikan materi dan informasi secara efektif kepada siswa mereka. Dukungan dari media pembelajaran interaktif sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan  menarik perhatian siswa.

Salah satu syarat dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran  adalah harus sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Di era  digital saat ini dan  di masa pembelajaran  online di masa pandemi, guru harus mampu menyajikan konten dengan cara yang menarik dan interaktif.

Menurut salah satu ahli yaitu Kozma dalam buku yang ditulis oleh Sutrisno (2009), menyatakan bahwa “Kelebihan media presentasi antara lain dapat meningkatkan kegiatan belajar dan dapat membantu pemahaman dari peserta didik dalam memahami suatu materi, pesan informasi secara visual mudah untuk dipahami oleh peserta didik serta lebih merangsang peserta didik tersebut untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji”.

Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Canva

Membuat desain presentasi yang menarik untuk audience sekarang sangatlah mudah! Bagi anda seorang pemula atau yang baru saja mulai belajar desain tidak perlu khawatir lagi. Dengan canva anda akan menemukan berbagai kemudahan dari fitur yang tersedia didalam canva.

Platform atau aplikasi canva adalah sebuah aplikasi online yang sudah banyak digunakan untuk mengolah desain grafis. Canva merupakan aplikasi berbasis cloud yang akan memudahkan anda dalam membuat media pembelajaran.

Membuat desain dalam canva sangatlah mudah, terlebih bagi anda yang pemula. Canva menyediakan berbagai template untuk kebutuhan desain. Template desain tersebut dikelompokan dalam berbagai kategori seperti seperti media sosial, dokumen, personal, guruan, marketing, event, dan iklan. Sehingga Anda dapat memilih desain yang anda inginkan.

Tidak hanya itu, Aplikasi ini juga dapat diakses melalui laptop maupun handphone sehingga dapat digunakan kapan saja dan dimana saja asalkan anda terkoneksi dengan internet.

Apa Itu Media Interaktif dalam Pembelajaran?

Pada dasarnya, penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar bisa membangkitkan minat serta keinginan siswa untuk belajar. Akan tetapi, jika media yang dipergunakan dalam proses pembelajaran tersebut selalu monoton maka proses belajar mengajar tersebut pun tidak akan berlangsung dengan baik.

Terlebih lagi fenomena pembelajaran saat ini membuat guru harus senantiasa berpikir kreatif dalam menyusun media pembelajaran agar menarik minat siswa untuk belajar. Salah satu hasil dari berpikir kreatif tersebut ialah dengan menciptakan media pembelajaran interaktif. Apa itu media pembelajaran yang interaktif?

Pengertian interaktif media dalam proses belajar mengajar ialah suatu produk maupun layanan digital (multimedia) yang diberikan oleh guru kepada siswa dengan menyajikan konten pembelajaran seperti teks, gambar bergerak atau animasi, video, audio hingga video game.

Penggunaan produk maupun layanan digital (multimedia) tersebut diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan motivasi, eksplorasi serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru.

Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan CANVA

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close