Breaking News

RPP Berdiferensiasi Penjaskes SMA/MA Fase E / Kelas X Permainan Bola Basket

RPP Berdiferensiasi Penjaskes SMA/MA Fase E / Kelas X  Permainan Bola Basket


Seorang guru wajib mengetahui bagaimana persisnya untuk membuat sebuah rancangan pembelajaran. Mulai dari kompetensi dasar, indikator, model belajar, materi, hingga evaluasi.

Guru perlu menguasainya karena semua yang terjadi di dalam kelas, sebelumnya telah tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP pun memiliki banyak macamnya. Salah satunya adalah yang akan kita bahas dalam artikel ini mengenai cara membuat RPP berdiferensiasi.

RPP berdiferensiasi merupakan rencana pembelajaran yang berlandaskan hasil pemetaan profil belajar siswa. Jadi, memang pada dasarnya isi dari RPP ini ada perbedaan dengan yang sebelumnya, yaitu RPP Kurikulum 2013.

Berdiferensiasi sendiri artinya beragam. Jadi RPP itu tidak untuk semua siswa, namun disesuaikan dengan pemetaan profil siswa.

Ketentuan RPP Berdiferensiasi

Sebelum membuat RPP berdiferensiasi, Anda perlu tahu terlebih dahulu beberapa aspek yang menentukan ada keragaman di dalamnya.

Perbedaannya dengan RPP Kurikulum 2013 adalah dari konten, proses, dan juga produk pembelajaran.

Ada beberapa aspek penting yang perlu guru perhatikan sebelum membuat RPP Berdiferensiasi, di antaranya guru melakukan pemetaan profil siswa, analisis KI dan KD, memilih materi yang digunakan, menyusun jenis diferensiasi (entah itu konten, proses, atau produk pembelajaran), menentukan alat atau media yang digunakan dan terakhir menyiapkan bahan untuk evaluasi.

Pemetaan Profil Siswa

Pemetaan profil siswa dilakukan dengan cara mengetahui dari nama, gaya belajar, kecerdasan majemuk, dan lingkungan belajarnya.

Cara Membuat RPP Berdiferensiasi

Cara membuat RPP Berdiferensiasi, pertama, Anda tentukan Materi Pokok (MP), Kompetensi Dasar (KD), dan Indeks Pencapaian Kompetensi (IPK). Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia, MP tentang Menulis Berita. Lalu, KD dan IPK bisa disesuaikan dengan kurikulum kelas 8 SMP semester ganjil.

Setelah itu, mulai merancang langkah pembelajaran. Sekilas, memang masih sama saja, namun bedanya siswa akan berkelompok sesuai dengan gaya belajarnya. Jadi, total akan ada 3 kelompok.

Selanjutnya, setiap kelompok akan diberikan intruksi pembelajaran dalam materi yang sama, namun proses atau langkahnya berbeda. Secara otomatis guru harus menyiapkan bahan pembelajaran 3 jenis untuk materi yang sama.

Terakhir, pada bagian evaluasi yang dinilai adalah dari cara berpikir dan kepemahaman siswa. Setiap siswa akan memiliki penjelasan yang berbeda-beda dalam satu materi, namun intinya pasti tetap sama.

Deskripsi Pembelajaran

Pada Unit Pembelajaran 1 ini siswa dapat mempraktikkan dan menganalisis konsep, prinsip, dan cara-cara melakukan teknik dasar keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan bola basket (chest-pass; bounce-pass; two handed overhead pass; shooting) dan melakukan pendalaman dalam bentuk permainan yang mengarah pada kemampuan mengevaluasinya dari sisi manfaat, prosedur, strategi, serta taktik bermain bola basket. 

Download RPP Berdiferensiasi Penjaskes Permainan Bola Voli

Kegiatan guru melakukan perencanaan, melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan melakukan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Dalam tahap pendahuluan, guru bersama-sama siswa melakukan: doa, apersepsi, menyampaikan tujuan, menyampaikan cara penilaian yang akan dilakukan. Pada kegiatan inti menjelaskan materi keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (chest-pass; bounce-pass; two handed overhead pass; shooting ke basket, dan penerapan serta pendalamannya dalam bentuk permainan), guru menutup pelajaran, dan menyampaikan resume, simpulan, mengecek kepahaman siswa, rencana pembelajaran berikutnya, serta berdoa.

Alternatif pembelajaran mempraktikkan keterampilan gerak spesiik dan fungsional permainan dan olahraga (chest-pass; bouncepass; two handed overhead pass; shooting ke basket dan pendalaman dalam bentuk permainan) dapat dilakukan dengan memodiikasi bola. Bola yang digunakan tidak harus bola standar bermain bola basket. Dalam kegiatan pembelajaran pada unit pembelajaran 1 ini dapat menggunakan bola lainnya seperti: bola tangan atau bola voli atau bola lain yang dapat memantul. 

Penilaian yang dilakukan guru meliputi penilaian proses yang mencakup penilaian terhadap hasil belajar terkait kemampuan kognitif, sikap, dan perilaku positif dan patut yang dapat dilakukan melalui pengamatan, mengecek pemahaman lisan, menggunakan jurnal, penilaian pengetahuan (tes tertulis, essay maupun verbal) yang dilakukan pada awal, proses pembelajaran, dan di akhir pertemuan, serta penilaian keterampilan dengan tes unjuk kerja/performa.



0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close