Kabar Gembira Untuk Guru , Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel

Daftar Isi

Kabar Gembira Untuk Guru , Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!


Dalam kesempatannya Nunuk Suryani selaku Direktur Jenderal GTK Kemdikbud melakukan diskusi terbuka melalui live instagram di akun beliau bertajuk Trasformasi PPG tahun 2024.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya simak artikel ini hingga selesai.

Tepatnya kemarin, Bu Nunuk mengadakan Ngopi Bareng Bu Nunuk (Ngobrol Pintar Bareng Bu Nunuk) membahas berbagai hal terkait PPG tahun 2024. Yang menjadi sorotan adalah bahwa untuk PPG daljab 2024 ini akan lebih mudah dan fleksibel, berikut 7 poin transformasi PPG daljab di tahun 2024.

1. Sistem Belajar Mandiri Melalui PMM

Apabila kita tahu bahwa di tahun 2023 PPG daljab dilakukan menggunakan LMS dengan keterlibatan dosen secara penuh serta durasi pendidikan berdasarkan TMT guru. Berbeda dengan tahun 2024 ini peserta akan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dengan melalui belajar mandiri dengan durasi pendidikan menyesuaikan kemampuan peserta .

2. Tidak ada Seleksi Akademik

Seleksi akademik atau biasa menyebutnya dengan Pretest PPG untuk seleksi PPG daljab 2024 ini ditiadakan. Sehingga peserta tahap seleksi hanya menggunakan seleksi Administrasi saja. Ini menjadi kabar baik sehingga peluang guru lulus PPG juga menjadi lebih besar.

3. Tidak ada Pengkategorian pada PPG Daljab 2024

Untuk kandidat Peserta PPG daljab 2024 sebanyak 576.961 orang (sudah lulus seleksi administrasi dan telah mengikuti seleksi akademik sampai dengan tahun 2023).

Sudah tidak ada lagi kategori A dan kategori B. Nantinya guru penggerak, eks PLPG dan guru yang sudah lulus seleksi administrasi dna seleksi akademik berhak untuk ikut PPG Daljab 2024.


4. PPG Daljab 2024 Tidak Harus Memiliki NUPTK

Sehingga apabila anda merupakan sebelumnya sudah mengikuti seleksi akademik PPG daljab tahun sebelumnya namun belum juga terpanggil PPG, nantinya di tahun 2024 ini juga akan menjadi prioritas untuk mendapatkan undangan. Pelaksanaan PPG Daljab dalam waktu dekat yang akan menyasar hingga 600.000 peserta langsung dipanggil tidak harus memiliki NUPTK.

5. Nasib Guru Yang Belum Lulus Seleksi Administrasi

Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa PPG daljab 2024 ini hanya ada seleksi administrasi tahun sebelumnya dan tidak ada pretest. Jadi bagi guru yang belum lulus seleksi administrasi diberi kesempatan mengikuti seleksi administrasi lewat BBGP daerahnya.

6. Kuota PPG Daljab 2024

Untuk tahun 2024 ini tidak ada kriteria dan kuota, abgi yang memenuhi syarat langsung bisa dipanggil PPG. Dengan catatan memiliki kemampuan IT untuk menggunakan Platform Merdeka Mengajar mengingat tahun ini pembelajaran melalui PMM dna belajar mandiri mempelajari 3 modul.

7. Recognisi PPG Daljab 2024

Sebagaimana diketahui untuk jumlah beban ajar PPG daljab sebanyak 36 SKS. Untuk guru penggerak dan eks PLPG tahun 2024 ini akan mendapatkan kesempatan PPG khusus yaitu mendapatkan pengakuan setara dengan 36 SKS sehingga ikut PPG bisa langsung mengikuti UKMPPG yaitu UKIN dan UP. Kemudian untuk guru reguler kan mendapatkan pengakuan setara 27 SKS, kemudian sisanya 9 SKS dapat ditempuh melalui belajar mandiri melalui PMM.

Demikian ulasan tentang Kabar Gembira, Ditjen GTK Sampaikan Skema PPG Daljab 2024 Lebih Mudah dan Fleksibel!, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar