Breaking News

BUKU SISWA PJOK - Softball Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

BUKU SISWA PJOK - Softball Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Pada bab 2 ini, Anda akan mempelajari tentang analisis variasi dan kombinasi gerak permainan bola kecil serta menerapkan dalam permainan softball. Selanjutnya Anda akan mempelajari sikap sosial dan spiritual yang dikembangkan melalui permainan bola kecil.


Tujuan Pembelajaran

Setelah pelajaran berakhir, Anda akan mampu mengamalkan ajaran agama, memiliki sikap yang baik serta memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang: variasi dan kombinasi keterampilan teknik dasar melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola dengan tongkat pemukul.

Dalam konteks kecabangan olahraga formal, permainan softball merupakan cabang olahraga beregu yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, putra putri, anak anak maupun orang dewasa. Permainan ini diciptakan oleh George Hancoc pada tahun 1887 di Amerika Serikat dan pertama kali dimainkan di Chicago. Sampai tahun 1966 permainan softball di Indonesia masih dianggap sebagai olahraga kaum wanita. Setelah Asean Games Bangkok barulah kaum pria bermain softball. Permainan softball pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya.

Jumlah pemain tiap regu yang sedang bertanding 9 orang, lama permainan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning; regu pemukul berganti menjadi regu penjaga setelah 3 kali bola mati. Permainan softball merupakan alat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, juga merupakan upaya mempelajari manusia bergerak.


Materi permainan softball ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, serta mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.

Amati dan cari informasi tentang variasi dan kombinasi keterampilan gerak dasar permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggunakan tongkat pemukul) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik atau teman yang sedang melakukan kegiatan. Secara  bergantian,saling bertanyalah tentang hal-hal yang berkaitan dengan keterampilan teknik dasar softball seperti manfaat permainan softball terhadap kesehatan dan otototot yang dominan dipergunakan dalam permainan softball serta sikap apa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran melalui permainan softball terhadap pribadi peserta didik.

Untuk Lebih lengkapnya silahkan download Buku Siswa di bawah ini dengan materi Softball


0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close