Breaking News

BUKU SISWA PJOK Materi Atletik Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

BUKU SISWA PJOK Materi Atletik Kelas X Kurikulum 2013 Revisi Terbaru



Anda telah mempelajari atletik di SMP atau yang sederajat. Di SMA kelas X ini, Anda akan mempelajari analisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik.

“Atletik” (Atletiek Belanda; Leicht-athletik Jerman; Track and field Inggris dan Amerika) adalah termasuk salah satu cabang olahraga yang terdiri dari nomor: jalan, lari, lompat dan lempar. Pada nomor lari, ditinjau dari jarak yang ditempuh, dapat dibedakan adanya lari jarak pendek (sprint), jarak sedang atau lari jarak menengah dan jarak jauh, lari gawang, lari 3000 m steeple chase, dan lain-lain. Nomor lompat terdiri dari: lompat tinggi, lompat tinggi galah, lompat jauh dan lompat jangkit, sedangkan nomor lempar meliputi: lempar lembing, lempar cakram, tolak peluru dan lontar martil.

Atletik yang meliputi jalan cepat, lari, lempar dan lompat boleh dikatakan sebagai cabang olahraga yang paling tua, karena umur atletik sama tuanya dengan adanya manusia di dunia ini. Jalan cepat, lari, lempar dan lompat adalah bentuk-bentuk gerak yang paling asli dan paling wajar dari manusia, dan merupakan gerakan-gerakan yang amat penting dan tidak ternilai artinya bagi manusia. Manusia pertama di dunia sudah harus jalan cepat, lari, melempar dan melompat untuk mempertahankan serta melanjutkan hidupnya.

Lari sebagai olahraga dalam bentuk perlombaan sudah dikenal oleh bangsa Mesir kuno pada tahun 1500 S.M, sedangkan bangsa Asyiria purba dan bangsa Babylonia purba di Mesopotamia pada tahun1000 SM. Di samping perlombaan lari di dalamnya dilombakan pula nomor-nomor lempar dan lompat.

Materi atletik ini harus Anda pelajari dengan mengedepankan sikap kehidupan beragama (berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan), mencerminkan sikap dan perilaku sportif dalam bermain, bertanggung jawab dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran serta menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar juga menghargai perbedaan karakteristik individu dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, menunjukkan kemauan kerja sama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam melakukan berbagai aktivitas fisik, disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik, serta mau menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan.






Untuk Lebih lengkapnya silahkan download Buku Siswa di bawah ini dengan materi Tenis Meja

Download Buku Siswa di bawah ini






0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close