Breaking News

Anakmu Sang Peniru Ulung

Anakmu Sang Peniru Ulung




 مهما أكثرت على ابنك من النصائح ، فلن يأخذ إلا القليل من قولك والكثير من فعلك


"Tidak peduli berapa banyak nasihat yang engkau berikan kepada anak mu, dia hanya akan mengambil sedikit perkataan mu, Yang diambil banyak adalah prilaku mu".

Demikianlah sebagaimana realitanya, bahwa sebagian anak akan cenderung mencontoh kebiasaan atau tingkah laku orang tuanya dari pada sekedar nasehatnya.

Maka itu hendaknya sebagai orang tua tidak hanya mencukupkan memerintah dan memberi nasihat saja kepada anaknya, namun ia juga harus bisa memberikan contoh dalam perbuatan atau tingkah laku:

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar ngaji, maka orang tua juga harus ngaji.

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar menutup auratnya, maka orang tua juga harus menutup auratnya.

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar berbicara yg baik, maka orang tua juga harus berbicara yg baik.

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar mengerjakan shalat, maka orang tua juga harus mengerjakan shalat.

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar puasa, maka orang tua juga harus puasa,

Jika orang tua memerintahkan sang anak agar menonton sesuatu yg baik dan bermanfaat, maka orang tua juga harus memberi contoh melihat tontonan yg baik dan bermanfaat.

Pada intinya jika orang tua ingin sang anak menjadi baik dan melakukan yg baik, maka orang tua jg harus dapat melakukan dan memberi contoh yg baik pula.

Karena seorang anak itu akan lebih cenderung meniru tingkah laku orang tuanya dari pada sekedar ucapannya. Sebab melalui tindakan merupakan pendidikan praktek nyata yg dapat di lihat langsung dan dijadikan contoh oleh sang anak, dari pada hanya sekedar ucapan yg hanya di dengar dan menghasilkan teori.

Semoga Allah ta'ala memberi taufiq dan hidayah kepada kita para orang tua untuk memiliki akhlak yg baik, amalan yg baik, sehingga dapat menjadi contoh yg baik untuk anak-anak kita. Aamiin.

0 Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close